Tuesday, May 11, 2010

Kursi Taman, Space for Intimacy

Taman kecil yang mungil dirumah kita, bisa jadi merupakan pilihan yang paling tepat untuk melepas penat dan lelah setelah seharian berkutat dengan pekerjaan. Alangkah baiknya jika ada sebuah atau sepasang bangku diletakkan untuk kita duduk dan merenung. Taman yang indah disertai dengan pengaturan pencahayaan yang baik dapat membawa kita pada suatu pengalaman mengingat betapa banyaknya kebaikan yang telah kita terima dari Sang Pencipta sepanjang hari yang telah berjalan.

Kursi taman telah menjadi bagian penting dari penataan taman saat ini. Pemilihannya dapat kita tentukan sesuai dengan keadaan taman yang kita miliki. Kalau taman tersebut berada diluar rumah dan tanpa naungan, kita dapat memilih kursi taman yang terbuat dari tembaga yang diukir. Hal ini untuk memudahkan perawatan karena tembaga tidak mudah rusak bila terkena panas dan hujan. Namun, jikalau kita memiliki space tersendiri lengkap dengan naungannya, kita dapat memilih kursi taman yang terbuat dari kayu, bambu atau rotan plastik atau bahkan sofa kecil, dengan catatan bahwa posisi sofa kecil tersebut benar-benar aman dari terik matahari atau air hujan.

Banyak film yang menggunakan setting salah satu adegannya dengan memakai kursi taman entah itu di tepi danau, di tepi sungai kecil bahkan di tengah taman kota. Biasanya sang artis digambarkan sedang duduk merefleksi suatu hal ataupun sambil berbincang-bincang dengan seseorang atau bahkan hanya duduk sambil menikmati suasana sekitar taman. Bagaimanapun hal ini dibuat, pemilihan bentuk kursi, sederhana atau berkesan mewah, pemilihan jenis kursi, kayu atau tembaga sangatlah menentukan hasil dari suasana yang hendak diciptakan.

Pemilihan ukiran pada lengan kursi juga dapat memberi cita rasa seni yang berbeda. Bagi kita pecinta ukiran tradisional, ukiran asal daerah Jepara atau Yogyakarta bisa menjadi salah satu pilihan cerdas. Mengingat kulitas kayu mereka yang baik dan ukirannya yang terkenal cukup rumit sehingga menghasilkan karya seni dengan cita rasa tinggi. Namun, jikalau kita ingin yang sederhana kita dapat memilih kursi yang terbuat dari kayu polos. Dan jika kita ingin yang sederhana namun tetap memiliki sentuhan seni, pilihlah yang seperti tampak pada gambar diatas.

Semoga dapat membantu kita menemukan ruang untuk memiliki waktu-waktu pribadi yang berharga. Waktu untuk kita dapat menjalin kedekatan dengan Sang Khalik atau waktu kita bersenda gurau dengan keluarga dan bahkan si kecil yang begitu menggemaskan..

Desain Interior

No comments:

Post a Comment